Minggu, 10 Mei 2009

MODEL IMPLEMENTASI SMP

Eko Budi P

MODEL IMPLEMENTASI SMP

TAHAPAN IMPLEMENTASI DAN PELAKSANAAN
MODEL KURIKULUM SMP

SMP SINAR JAYA

VISI

“PENINGIKATAN POTENSI DIRI DAN MENJADI YANG TERBAIK MENUJU SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL”.

Indikator

  • Pengembangan kurikulum ke arah yang lebih baik
  • Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Meningkatnya proses pembelajaran peserta didik
  • Terwujudnya pengembangan sarana prasarana pendidikan di sekolah
  • Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik
  • Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah
  • Adanya penigngkatan potensi diri dalam imtaq dan iptek.

MISI

  1. Melaksanakan pengembangan kurikulum :

Z Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan

Z Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran.

Z Melaksanakan pengembangan silabus dan RPP.

Z Melaksanakan pengembangan system penilaian.

  1. Melaksanakan Pengembangan Tenaga Kependidikan
    • Meningkatkan profesionalitas guru
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi guru
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi TU dan tenaga kependidikan lainnya
    • Melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada guru, TU dan tenaga kependidikan lainnya.
  2. Melaksanakan Pengembangan Proses pembelajaran.
    • Mengembangkan Model Pembelajaran yang inovatif kreatif dan Menyenangkan.
    • Mengembangkan strategi pembelajaran
    • Melakukan pengembangan strategi penilaian.
  3. Terwujudnya Pengembangan Fasilitas Pendidikan
    • Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan
    • Menyediakan ala bantu dan media pembelajaran.
    • Menyediakan laboratorium MIPA standar nasional
  4. Melaksanakan Pengembangan/Peningkatan Standar Ketuntasan dan Kelulusan.

o Peningkatan wawasan terhadap peserta didik melalui kegiatan pembelajaran

o Peningkatan wawasan materi terapan

o Peningkatan wawasan bahasa inggris bagi peserta didik

  1. Melaksanakan Pengembangan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah.
    • Mengadakan kelengkapan administrasi sekolah melalui system administrasi sekolah terpadu.
    • Melaksanakan MBS.
    • Menyusun RPS.
    • Melakukan supervisi kelembagaan
  2. Melaksanakan Pengembangan Penilaian
    • Melaksanakan Pengembangan Perangkat/ Model-Model Pembelajaran
    • Melaksanakan program evaluasi pembelajaran
    • Menyiapkan siswa melalui kegiatan pengembangan bidang akademis, non akademis dan imtaq.
    • Mengikuti kegiatan lomba akademis dan non akademis dan keagamaan.

TUJUAN

  1. Sekolah Mengembangkan Kurikulum
    • Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan pada tahun 2006.
    • Mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator untuk semua mata pelajaran.
    • Mengembangkan RPP untuk kelas semua mata pelajaran.
    • Mengembangkan sistem penilaian berbasis kompetensi yang terstandarkan
  2. Sekolah memiliki/mencapai standart proses pembelajaran meliputi tahun 2007
    • Mengembangkan pembelajaran dengan Model CTL.
    • Melaksanakan pendekatan belajar tuntas (Mastery learning)
    • Melaksanakan pembelajaran inovatif kreatif dan kritis
  3. Sekolah mencapai standar nasional sarana dan prasarana pada tahun 2010.
  4. Sekolah mencapai standarat pengelolaan sekolah.
  5. Sekolah memiliki/mencapai standart pencapaian ketuntasan keompetensi lulusan.
  6. Sekolah mencapai standart pembiayaan sekolah.
  7. Sekolah mencapai standart sekolah bertaraf nasional menuju taraf internasional

LANGKAH –LANGKAH PENGEMBANGAN

  1. Pengembangan standart Isi/Kurikulum.
    • Pengembangan kurikulum satuan pendidikan .
    • Pengembangan silabus.
    • Pengembangan RPP.
    • Pengembangan pemetaan SK, KD.
    • Pengembangan system penilaian.
  2. Pengembangan dan peningkatan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan.
  3. Pengembangan standart proses pembelajaran
  4. Pengembangan sarana, prasarana dan media pembelajaran.
  5. Pengembangan standart pencapaian ketuntasan/kelulusan optimal.
  6. Pengembangan manajemen sekolah dan kelembagaan.
  7. Pengembangan komite sekolah dan pembiayaan pendidikan.
  8. Pengembangan kegiatan lomba akademik dan non akademik.
  9. pengembangan implementasi program pembelajaran MIPA dalam bahasa inggris menuju kelas bertaraf internasional.

Pelaksanaan program :

Sebagai upaya peningkatan kemampuan siswa terutama menghadapi perkembangan jaman , maka dalam beberapa mata pelajaran telah diselingi dengan integrasi antara bahasa Indonesia dan bahasa inggris (Bilingual).Penerapan integrgasi bahasa awalnya dilaksankan mulai tahun 2004/2005 pada sekolah-sekolah tertentu di Indonesia namun untuk beberapa tahun ini program bilingual sudah mulai banyak diterapkan di banyak sekolah yang berdomisili di kota-kota

Adapun dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, sekolah lkebih menekankan interaksi guru dan siswa sedangkan untuk mengetahui ketercapaian program yang telah ditetapkan yaitu denngan melakukan evaluasi terhadap kemajuan siswa

Semua kegiatan belajar ini tentunya disesuaikan cita-cita yang telahdisepakati

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Energy News.